Rabu, 06 Juni 2018

Sanitasi di SDN Kragilan

Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Sanitasi merupakan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah. Dalam menunjang Sanitasi di sekolah, SDN Kragilan menyediakan fasilitas 4 kamar kecil/ WC yang digunakan oleh siswa dan 1 kamar kecil/ WC guru. Sedangkan saluran pembuangan air yang terdapat di sekeliling sekolah mendapatkan perawatan secara berkala, terlebih pada musim hujan.

Perawatan kamar mandi dilakukan oleh anak-anak, guru, dan penjaga sekolah agar selalu terjaga kebersihannya. Sedangkan perawatan saluran sebulan sekali diadakan kegiatan Sabtu bersih agar kondisi selokan air lancar untuk pembuangan.

Selain itu pembuatan lubang biopori juga dilakukan untuk mencegah air menggenang. Ada 31 titik lubang biopori yang dibuat di SDN Kragilan.

                    
  
Lubang biopori dibersikan secara berkala untuk mengangangkat kotoran yang terbawa air sehingga menutup lubang biopori. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa, dipandu oleh guru dan penjaga sekolah.


   









Tidak ada komentar:

Posting Komentar